1. Inti dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah …
a. bauran produksi
b. marketing mix
c. segmentting
d. targetting
e. positionning
2. Menurut falsafah market oriented kegiatan perusahaan diarahkan untuk memenuhi keinginan dan memuaskan kebutuhan …
a. pemasaran
b. manajer
c. konsumen
d. pemilik saham
e. pemerintah dan perundang-undangan
3. Siklus kehidupan barang yang dimulai dari tahap perkenalan sampai dengan tahap penurunan disebut dengan:
a. PVC
b. LPC
c. PLC
d. LC
e. MCK
4. Dalam penentuan logo dan moto perusahaan, hal yang harus dipertimbangkan adalah …
a. dibuat seacara sederhana
b. dibuat dengan kalimat padat
c. harus berwarna
d. harus mudah diingat
e. bersifat kompleks
5. Harga ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu, merupakan metode penentuan harga menurut …
a. pelanggan
b. bentuk
c. tempat
d. fungsi
e. waktu
6. Menetapkan harga rendah di awal penjualan, namun kemudian menaikkan harga jual, merupakan strategi dari …
a. pricing
b. skimming price policy
c. penetration pricing policy
d. introductory price dealing
e. dumping
7. Fungsi logistik dalam saluran distribusi meliputi …
a. menghubungi & berkomunikasi dengan pelanggan
b. pengangkutan dan penyortiran
c. penelitian dan pembiayaan
d. penentuan lay out gedung
e. pelayanan dan garansi
8. Saluran distribusi langsung untuk produk konsumen adalah …
a. produsen distributor bisnis konsumen industri
b. produsen pengecer konsumen
c. produsen konsumen
d. produsen konsumen industri
e. produsen grosir pengecer konsumen
9. Untuk meningkatkan penjualan atau untuk meningkatkan jumlah pelanggan dalam waktu singkat, kegiatan strategi promosi yang dapat dilakukan adalah ….
a. iklan
b. promosi penjualan
c. publisitas
d. penjualan pribadi
e. pemasaran langsung
10. Pada media interaktif internet merupakan komponen utama sehingga media interaktif biasa disebut sebagai pemasaran …
a. langsung
b. tidak langsung
c. face to face
d. off line
e. on line
11. Ihktsar dari seluruh rencana pemasaran yang dibuat beserta rekomendasinya, sehingga memberikan gambaran mengenai hal pokok isis rencana pemasaran disebut …
a. action program
b. gambaran situai saat ini
c. tujuan pemasaran
d. ringkasan eksekutif
e. anggaran
12. Inti dari rencana pemasaran adalah …
a. tujuan pemasaran
b. manfaat pemasaran
c. program kegiatan
d. anggaran
e. strategi pemasaran
13. Perkiraan mengenai perincian biaya yang diperlukan untuk melaksanakan semua kegiatan pemasaran dimasukkan dalam
a. action program
b. gambaran situai saat ini
c. tujuan pemasaran
d. anggaran
e. ringkasan eksekutif
14. Perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek memiliki karakteristik …
a. waktu tak tentu dan objektif
b. waktu tertentu dan objektif
c. waktu tak tentu dan subyektif
d. waktu tertentu dan subyektif
e. waktu tertentu dan tentatif
15. Kegiatan meramalkan atau merencakan permintaan produk untuk suatu periode tertentu disebut ….
a. evaluation
b. suportting dokumen
c. forecasting
d. planning
e. actuating
16. Contoh perencanaan yang mempunyai karakteristik waktu periode tertentu adalah perencanaan ….
a. jangka pendek
b. jangka menengah
c. tahunan
d. operasional
e. strategis
17. Rencana jangka pendek yang secara sistematis dikembangkan dan diturunkan dari perencanaan yang lebih luas disebut perencanaan …
a. operasional
b. reaksi
c. tahunan
d. dekade
e. forecasting
18. Pada perusahan consumers good strategi produk dibuat untuk …
a. memenuhi forecasting
b. pesanan
c. disalurkan langsung kepada pembeli
d. disimpan
e. diekspor
19. Proses memperkenalkan produk baru kepada para penyalur dan pembeli mengenai kemasan, merk, harga, promosi, distribusi dan sebagainya merupakan tahap …
a. persiapan
b. penyaringan gagasan
c. uji coba
d. komesialisasi
e. evaluasi
20. Pada langkah_langkah perencanaan pemasaran kegiatan : pengawasan dan penilaian serta diagnosis untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan termasuk dalam tahap …
a. perencanaan
b. pengorganisasian
c. pelaksanaan
d. action
e. pengendalian
Baca Juga : 40 Soal Pemasaran Online Kelas 10 Lengkap Beserta Jawabannya
21. Jika ada pertanyaan dalam penentuan misi perusahaan What is value to the customer? Maka hal ini berhubungan dengan …
a. jenis usaha
b. konsumen
c. pendapatn konsumen
d. nilai yang dipakai konsumen
e. konsumen dimasa mendatang
22. Dalam penentuan misi perusahaan perlu diketahui : Kualitas produk, Teknologi proses produksi, Kelompok konsumen yang dituju untuk produk tersebut, Kebutuhan pasar, dan Kombinasi semua komponen tersebut. Lima hal ini disebut …
a. business domain
b. business oriented
c. market oriented
d. market domain
e. vision oriented
23. Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan …
a. survey pasar
b. segmentasi pasar
c. pemosisian pasar
d. menetapkan business domain
e. melakukan market oriented
24. Kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri/sifat yang hampir sama yang dipilih perusahaan dan akan dicapai dengan strategi marketing mix yang berbeda untuk produk yang dipasarkan disebut …
a. market oriented
b. segemnatasi pasar
c. target pasar
d. positioning pasar
e. strategi pasar
25. Untuk evaluasi target pasar diperlukan informasi dan analisis tentang … kecuali
a. produk yang dipasarkan
b. strategi marketing mix
c. kepuasan konsumen
d. laba perusahaan
e. kepribadian pemilik perusahaan
26. Meninjau pasar secara keseluruhan dan memusatkan perhatian pada kesamaan kebutuhan konsumen merupakan ciri dari strategi target pasar …
a. market oriented
b. undifferentiated marketing
c. concentrated marketing
d. differentiated marketing
e. market tergetting
27. Untuk produk yang homogen, maka strategi yang tepat untuk target pasarnya adalah …
a. market oriented
b. undifferentiated marketing
c. concentrated marketing
d. differentiated marketing
e. market tergetting
28. Bila sumber daya yang dimiliki sangat terbatas maka strategi target pasar yang tepat adalah …
a. market oriented
b. undifferentiated marketing
c. concentrated marketing
d. differentiated marketing
e. market tergetting
29. Kelompok produk yang berhubungan erat karena kelompok produk tersebut memiliki fungsi, pelanggan, dijual pada gerai dan memiliki kisaran harga yang sama disebut …
a. siklus produk
b. lini produk
c. item produk
d. jenis produk
e. industri produk
30. Tahap paling awal dalam proses pengambilan keputusan pembelian adalah …
a. memutuskan membeli
b. menetapkan tujuan
c. menilai sumber
d. analisis kebutuhan dan keinginan
e. identifikasi alternatif pembelian
31. Mengenali basis untuk membuat segmentasi dan mengembangkan profil dari segmen yang dihasilkan merupakan kegiatan … dalam pemasaran terarah.
a. pemosisian
b. reposisi
c. pentargetan
d. segmentas
e. marketing mix
32 Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit/kelompok sesuai dengan ….
a. gambaran penduduknya
b. gambaran wilayah / tempatnya
c. gambaran sifat konsumen
d. gambaran psikologis
e. gambaran kebiasaan konsumen
33. Yang termasuk faktor demografi adalah:
a. kepribadian
b. wilayah
c. sikap
d. daerah pedesaan
e. penghasilan
34. Yang termasuk faktor psikografik adalah:
a. kepribadian
b. agama
c. lokasi daerah
d. jenis kelamin
e. kesempatan
35. Jika kita melakukan segmentasi tingkah laku konsumen menggunakan variabel status pengguna maka kegiatan pemasaran akan difokuskan kepada kelompok:
a. bukan pengguna
b. pengguna reguler
c. pengguna potensial
d. mantan pengguna
e. pengguna fanatik
36. Membuat segmentasi kepada konsumen atau perusahaan lain yang membutuhkan barang untuk bahan baku maupun bahan tambahan produksi disebut dengan segmentasi pasar ….
a. primer
b. skunder
c. industri
d. konsumen
e. internasional
37. Salah satu alasan dilakukannya segmentasi pasar karena pasar bersifat…
a. komplek
b. homogen
c. membingungkan
d. dinamis
e. statis
38. Salah satu syarat segmentasi pasar adalah dapat dijangkau dan dilayani secara efektif atau …
a. measurebility
b. accessibility
c. substantiality
d. faesibility
e. capability
39. Pada waktu melaksanakan tahap analisa untuk segmentasi pasar yang paling sering digunakan adalah analisis ….
a. faktor
b. korelasi
c. regresi
d. korelasi dan regresi
e. chi square
40. Suatu bidang / kuadran yang berisi titik-titik yang menghubungkan hubungan dalam variabel tingkat kecenderungan pembelian disebut dengan …
a. produk space
b. produk preferensi
c. preferensi
d. atribut produk
e. targeting
1. B
2. C
3. C
4. D
5. E
6. D
7. B
8. C
9. B
10. D
11. D
12. E
13. D
14. C
15. B
16. A
17. A
18. D
19. D
20. E
21. D
22. A
23. B
24. C
25. E
26. B
27. B
28. C
29. B
30. D
31. D
32. B
33. E
34. A
35. C
36. C
37. D
38. B
39. A
40. A
Demikianlah postingan mengenai Contoh Soal Pemasaran Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Lengkap Beserta Jawabannya, semoga bermanfaat salam sukses untuk semua sahabat Pemasaran. Sumber https://administrasingajar.blogspot.com/