Kisi kisi UKK Akidah Akhlaq Kls 8. Kisi kisi penulisan soal Ujian Kenaikan Kelas/ UKK - Ulangan Akhir Semester/ UAS genap kls VIII mata pelajaran Akidah Akhlaq MTs tahun ajaran 2016 2017 sesuai dengan kurikulum 2013/ Kurtilas.
Satuan Pendidikan : MTs
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kurikulum 2013
Kelas : VIII
Semester : 2 ( dua )/ Genap
Alokasi waktu : 90 menit
Jumlah Soal : 50 Pilihan Ganda/ PG
Kisi Kisi SMP lainnya :
Kumpulan Kisi Kisi UKK/ UAS SMP Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013
Kumpulan Kisi Kisi UKK/ UAS SMP Kelas 8 Semester 2 KTSP
Indikator Soal :
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian rosul menurut istilah
- Pesert didik dapat menjelaskan pengertian Rosul Ulul Azmi
- Peserta didik dapat mengelompokan nama-nam rosul yang mendapat gelar Ulul azmi
- Peserta didik dapat menjelaskan salah satu tugas para nabi rosul Allah
- Disajikan beberapa pernyataan yang berkenanaan dengan keimanan kepada rosul Allah, peserta didik dapat menunjukan pernyataan yang berkenaan dengan arti pentingnya berimanan kepada rosul Allah
- Peserta didik dapat menyebutka salah satu sifat bagi rosul yang artinya cerdas
- Peserta didik dapat menyebutkan arti amanah
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sifat mustahil bagi Rosul
- Peserta didik dapat menyebutkan arti kitman
- Peserta didik dapat dapat menyebutkan arti ma’sum
- Peserta didik dapat menunjukan salah satu contoh sifat jaiz bagi rosul
- Peserta didik dapat menjelaskan salah satu sejaran yang membuktikan adanya rosul
- Peserta didik dapat menunjukan salah satu ayat dalam al-Qur’an yang menjelaskan sesungguhnya Allah mengutus para rosul untuk menyerukan “sembahlah Allah dan jauhi thagut”
- Disajikan HR Ahmad ,peserta didik dapat menyebutkan jumlah Nabi dan Rosul yang dijelaskan dalam hadits tersebut
- Peserta didik dapat menjelaskan 4 hikmah beriman kepada rosul-rosul Allah
- Disajikan bagan tentang sifat-sifat bagi rosul, peserta didik dapat mengisi bagan tersebut dengan macam-macam sifat wajib, mustahi dan jaiz bagi rosul lengkap dengan artinya
- Peserta didik dapat menunjukan dalil naqli tentang sifat wajib bagi rosul shiddiq
- Disajikan potongan ayat dari Qs. Asy-syuara ayat 43, peserta didik dapat menjelaskan arti dari ayat tersebut
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian mukjizat
- Disajikan beberapa fungsi kejadian luar biasa, peserta didik dapat mengidentifikaasi fungsi mukjizat bagi para rosul
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian mukjizat aqliyah dan kauniyah dengan contohnya
- Disajikan berbagai macam mukjizat para nabi dan rosul,peserta didik dapat menunjukan mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Isa as.
- Disajikan QS. Hud ayat 37, Peserta didik dapat menyebutkan salah satu mukjizat yang diturunkan kepada rosul.
- Peserta didik dapat menunjukan salah satu ayat Al-qur’an tentang mu’jizat Nabi Isa as. yaitu dapat menebak makanan yang disimpan dirumah masing-masing.
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian karomah
- Peserta didik dapat menunjukan contoh irhas.
- Peserta didik dapat menjelaskan salah satu persaman antara mu’jizat,karomah,maunah dan irhas
- Disajikan beberapa pernyataan yang berkenaan dengan mukjizat, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan antara mukjizat dengan karomah, maunah dan irhas
- Peseeta didik dapat menjelaskan salah satu hikmah adanya mukjizat dan kajadian luarbiasa lainya seperti karomah,maunah dan irhas
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian husnuzhan menurut istilah
- Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji yang artinya sikap saling menghargai antara sesama manusia dalam batas-batas yang digariskan oleh ajaran islam
- Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya berakhlak terpuji tawadhu dalam kehidupan sehari-hari
- Peserta didik dapat menuliskan kembali QS. Al-Isra ayat 37 tentang tawadhu lengkap dengan syakalnya dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
- Disajikan QS. al-Maidah ayat 2, peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung didalamnya
- Disajikan bagan tentang berbagai dampak positif dari akhlak tercela peserta didik dapat menunjukan bagan tentang dampak positif dari akhlak terpuji husnuzhan
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian namimah menurut bahasa
- Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akhlak terpuji yang artinya perbuatan atau tindakan menceritakan aeb orang lain
- Peserta dapat menjelaskan sebab-sebab timbulnya hasad
- Disajikan secara acak tentang cara-cara menghindari akhlak tercela peserta didik dapat menunjukan cara-cara menghindari sifat hasad
- Peserta didik dapat menjelaskan 4 sebab timbulnya namimah
- Peserta didik dapat menunjukan dalil naqli tentang larangan ghibah
- Peserta didik dapat menyebutkan salah satu dampak negatif dari akhlak tercela dendam
- Peserta didik dapat menjelaskan salah satu adab atau etika dalam bergaul menurut ajaran islam
- Disajikan Qs. az-Zukhruf ayat 67, tentang etika memilih teman, peserta didik dapat menjelaskan makna yang terkandung didalamnya
- Peserta didik dapat menjelaskan salah satu kelebihan/keistimewaan yang dimiliki oleh Abu Bakar Ash-Shidiq
- Peserta didik dapat menjelaskan salah satu keteladanan yang dapat diambil dari kisah Abu Bakar As-Shidiq