Kisi-Kisi USBN PAI SMA/SMK K13 Referensi

Revisi : https://tinyurl.com/_2024


Sobat Guru PAI di manapun anda berada, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Kisi-Kisi USBN PAI SMA/SMK K13 Tahun 2017.

Kisi-kisi ini saya ambil dari rilis resmi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dan juga bisa anda unduh secara gratis di websitenya langsung.

Kisi-Kisi USBN PAI SMA/SMK sedejat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu untuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13).

Untuk postingan ini saya akan menyampaikan mengenai Kisi-Kisi USBN PAI SMA/SMK K13. Berikut ini isi lengkapnya.

 pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai  Kisi-Kisi USBN PAI SMA/SMK K13 2017

Level Kognitif


  • Pengetahuan dan Pemahaman:
  • Menyebutkan
  • Mengidentifikasi
  • Menjelaskan 
  • Menentukan
  • Mengkategorikan
  • Mengelompokkan
  • Menguraikan

Lingkup Materi

1. Al-Qur’an


Peserta didik bisa memahami dan menguasai ayat al-Qur’an  pilihan dan hadits tentang:
  • Q.S al-Hujurat: 10 dan 12, serta hadits yang membahas tentang kontrol diri (Mujahadah An-Nafs), Prasangka Baik (Husnudzhon) dan Persaudaraan (Ukhuwah)
  • Q.S al-Isra: 32 dan QS an-Nur: 2 serta hadis mengenai larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
  • Q.S al-Maidah: 48, Q.S az-Zumar: 39 dan Q.S at-Taubah : 105 serta hadits mengenai taat , kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja
  • Q.S Yunus: 40-41 dan Q.S al-Maidah: 32 serta hadits mengenai Toleransi  dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
  • Q.S Ali Imran: 190-191 dan Q.S Ali Imran: 159 serta hadit mengenai berpikir kritis dan bersikap secara demokratis
  • Q.S Luqman: 13-14 dan Q.S al-Baqarah: 83 serta hadits mengenai saling nasihat menasihati dan berbuat baik (ihsan)

Baca juga: Kisi-kisi USBN SMP/MTs 2017


2. Aqidah

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Iman kepada Allah (penghayatan terhadap asmaul husna yang meliputi al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-matiin, al-Jami’, al-‘Adl dan al-Akhir
  • Iman kepada para Malaikat Allah
  • Iman Kepada Kitab-kitab Allah
  • Iman Kepada Rasul-rasul Allah
  • Iman Kepada Hari Akhir
  • Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah

3. Akhlak

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Berpakaian yang sesuai dengan syariat islam
  • Kejujuran
  • Semangat dalam Menuntut Ilmu
  • Syaja’ah atau berani dalam membela kebenaran
  • Hormat dan Patuh kepada kedua orang tua dan para guru
  • Bekerja keras dan bertanggungjawab

4. Fiqh

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Sumber-sumber hukum islam
  • Ibadah Haji, Zakat dan Wakaf
  • Pengurusan Jenazah
  • Ketentuan mengenai khutbah, dakwah dan tabligh
  • Prinsip-prinsip dan praktik mengenai ekonomi islam
  • Pernikahan di dalam islam
  • Ketentuan waris di dalam islam

5. Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Makkah
  • Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Madinah
  • Perkembangan agama Islam pada masa kejayaannya
  • Perkembangan agama islam pada masa modern
  • Perkembangan peradaban agama islam di Indonesia
  • Perkembangan peradaban agama islam di dunia

Level Kognitif

Penerapan (Aplikasi)

  • Membedakan
  • Menerapkan
  • Memberi contoh
  • Menghubungkan
  • Menginterpretasi
  • Membandingkan

Lingkup Materi

1. Al-Qur'an

Peserta didik bisa menerapkan ayat al-Qur’an pilihan dan hadis tentang:
  • Q.S al-Hujurat: 10 dan 12, serta hadits yang membahas tentang kontrol diri (Mujahadah An-Nafs), Prasangka Baik (Husnudzhon) dan Persaudaraan (Ukhuwah)
  • Q.S al-Isra: 32 dan QS an-Nur: 2 serta hadis mengenai larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
  • Q.S al-Maidah: 48, Q.S az-Zumar: 39 dan Q.S at-Taubah : 105 serta hadits mengenai taat , kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja
  • Q.S Yunus: 40-41 dan Q.S al-Maidah: 32 serta hadits mengenai Toleransi  dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
  • Q.S Ali Imran: 190-191 dan Q.S Ali Imran: 159 serta hadit mengenai berpikir kritis dan bersikap secara demokratis
  • Q.S Luqman: 13-14 dan Q.S al-Baqarah: 83 serta hadits mengenai saling nasihat menasihati dan berbuat baik (ihsan)

2. Aqidah

Peserta didik bisa menerapkan mengenai:
  • Iman kepada Allah (penghayatan terhadap asmaul husna yang meliputi al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-matiin, al-Jami’, al-‘Adl dan al-Akhir
  • Iman kepada para Malaikat Allah
  • Iman Kepada Kitab-kitab Allah
  • Iman Kepada Rasul-rasul Allah
  • Iman Kepada Hari Akhir
  • Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah

3. Akhlak

Peserta didik bisa menerapkan mengenai:
  • Berpakaian yang sesuai dengan syariat islam
  • Kejujuran
  • Semangat dalam Menuntut Ilmu
  • Syaja’ah atau berani dalam membela kebenaran
  • Hormat dan Patuh kepada kedua orang tua dan para guru
  • Bekerja keras dan bertanggungjawab

4. Fiqh

Peserta didik bisa menerapkan mengenai:
  • Sumber-sumber hukum islam
  • Ibadah Haji, Zakat dan Wakaf
  • Pengurusan Jenazah
  • Ketentuan mengenai khutbah, dakwah dan tabligh
  • Prinsip-prinsip dan praktik mengenai ekonomi islam
  • Pernikahan di dalam islam
  • Ketentuan waris di dalam islam

5. Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik bisa menerapkan mengenai:
  • Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Makkah
  • Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Madinah
  • Perkembangan agama Islam pada masa kejayaannya
  • Perkembangan agama islam pada masa modern
  • Perkembangan peradaban agama islam di Indonesia
  • Perkembangan peradaban agama islam di dunia

Level Kognitif

Penalaran, meliputi:

  • Menganalisis
  • Mengevaluasi
  • Menyimpulkan
  • Memecahkan masalah
  • Memprediksi
  • mensintesis

Lingkup Materi

1. Al-Qur'an

Peserta didik bisa menggunakan nalar pada ayat al-Qur’an pilihan dan hadis tentang:
  • Q.S al-Hujurat: 10 dan 12, serta hadits yang membahas tentang kontrol diri (Mujahadah An-Nafs), Prasangka Baik (Husnudzhon) dan Persaudaraan (Ukhuwah)
  • Q.S al-Isra: 32 dan QS an-Nur: 2 serta hadis mengenai larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
  • Q.S al-Maidah: 48, Q.S az-Zumar: 39 dan Q.S at-Taubah : 105 serta hadits mengenai taat , kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja
  • Q.S Yunus: 40-41 dan Q.S al-Maidah: 32 serta hadits mengenai Toleransi  dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
  • Q.S Ali Imran: 190-191 dan Q.S Ali Imran: 159 serta hadit mengenai berpikir kritis dan bersikap secara demokratis
  • Q.S Luqman: 13-14 dan Q.S al-Baqarah: 83 serta hadits mengenai saling nasihat menasihati dan berbuat baik (ihsan)

2. Aqidah

Peserta didik bisa menggunakan nalar mengenai:
  • Iman kepada Allah (penghayatan terhadap asmaul husna yang meliputi al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-matiin, al-Jami’, al-‘Adl dan al-Akhir
  • Iman kepada para Malaikat Allah
  • Iman Kepada Kitab-kitab Allah
  • Iman Kepada Rasul-rasul Allah
  • Iman Kepada Hari Akhir
  • Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah

3. Akhlak

Peserta didik bisa menggunakan nalar mengenai:
  • Berpakaian yang sesuai dengan syariat islam
  • Kejujuran
  • Semangat dalam Menuntut Ilmu
  • Syaja’ah atau berani dalam membela kebenaran
  • Hormat dan Patuh kepada kedua orang tua dan para guru
  • Bekerja keras dan bertanggungjawab

4. Fiqh

Peserta didik bisa menggunakan nalar mengenai:
  • Sumber-sumber hukum islam
  • Ibadah Haji, Zakat dan Wakaf
  • Pengurusan Jenazah
  • Ketentuan mengenai khutbah, dakwah dan tabligh
  • Prinsip-prinsip dan praktik mengenai ekonomi islam
  • Pernikahan di dalam islam
  • Ketentuan waris di dalam islam

5. Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik bisa menggunakan nalar mengenai:
  • Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Makkah
  • Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Madinah
  • Perkembangan agama Islam pada masa kejayaannya
  • Perkembangan agama islam pada masa modern
  • Perkembangan peradaban agama islam di Indonesia
  • Perkembangan peradaban agama islam di dunia
Demikian informasi mengenai Kisi-Kisi USBN PAI SMA/SMK K13. Semoga dapat mejadi acuan dalam persiapan menyambut USBN.



Sumber https://www.panduandapodik.id/