12. Siswa dapat memahami dan menguasai tentang lembaga sosial.
13. Siswa dapat memahami dan menguasai tentang masyarakat multikultural.
14. Siswa dapat memahami dan menguasai tentang perubahan sosial.
15. Siswa dapat memahami dan menguasai tentang globalisasi dan dampaknya.
16. Siswa dapat memahami dan menguasai tentang jenis-jenis penelitian.
17. Siswa dapat memahami dan menguasai tentang prosedur dan pilihan metode penelitian.
18. Siswa dapat memahami dan menguasai tentang pendekatan penelitian.
19. Siswa dapat memahami dan menguasai tentang data penelitian.
20. Siswa dapat memahami dan menguasai tentang teknik pengumpulan data.
21. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang interaksi sosial antar individu, kelompok, danantar kelompok dengan konsep dasar sosiologi.
24. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang dinamika struktur sosial dan deferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat di berbagai bidang.
25. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang mobilitas sosial dan dinamika kelompok sosial.
26. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang terjadinya permasalahanpermasalahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat di berbagai bidang.
26. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang praktik lembaga sosial.
27. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hubungan antarkelompok dalam masyarakat multikultural.
28. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang menciptakan masyarakat multikultural yang harmonis.
29. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang proses dan dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat.
30. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perubahan sosial di tengah- tengah pengaruh globalisasi.
31. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang penentuan topik penelitian.
32. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang perumusan masalah penelitian.
33. Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang rancangan penelitian (jenis dan data penelitian, sampel penelitian, instrumen penelitian, dan teknik analisis data penelitian).
34. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji gejala-gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat dengan menggunakan konsep sosiologi.
35. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji permasalahan sosial dalam masyarakat yang berpotensi menimbulkan konflik sosial.
36. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji pemecahan masalah sosial dalam masyarakat.
37. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji peran lembaga sosial dalam Menyelesaikan masalah sosial dalam masyarakat.
38. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji pemecahan masalah yang muncul sebagai dampak keanekaragaman masyarakat multikultural.
39. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji masyarakat multikultural dalam bingkai NKRI.
40. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji tantangan masa depan bangsa dalam menghadapi globalisasi.
41. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji manfaat hasil penelitian.
42. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji kesesuaian jenis penelitian dengan data penelitian.
43. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji keunggulan dan kelemahan teknik pengumpulan data.
44. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji pengolahan data penelitian.
45. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji interpretasi data hasil penelitian.
46. Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji penyusunan laporan hasil penelitian.
UPDATE: 17 Januari 2017
Sumber http://www.guruberbahasa.com/