CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013 KELAS 7 (Update)

Revisi : https://tinyurl.com/_2024

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi mengenai contoh RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas 7 tahun 2017. Berdasarkan Permendikbud no 103 tahun 2014, RPP adalah rancangan pembelajaran yang dikembangkan secara rinci, yang mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. Selanjutnya, berdasarkan Lampiran Permendikbud No. 103 Tahun 2014, kami mencoba memberikan gambaran mengenai komponen serta contoh isi yang terdapat dalam sebuah RPP. Contoh ini adalah hasil dari Workshop Kurikulum 2013 tahun 2016 di Jambi. Berikut adalah contohnya:
  • Indentitas :
Pada bagian penulisan identitas ini, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:
    • Sekolah :......(isi dengan nama sekolah)
    • Mata Pelajaran:........(isi dengan nama mapel)
    • Kelas/Semester:......(isi dengan jenjang kelas dan dengan kata satu atau dua yang relevan dengan huruf)
    • Alokasi Waktu: ....Pertemuan (....JP)( isi jumlah pertemuan dan jumlah jam pelajaran dengan memperhatikan jumlah jam perminggu dan penjadwalan; jumlah JP termasuk untuk alokasi ulangan yang terintegrasi dalam proses pembelajaran)
  • Kompetensi Inti
    • Terkait dengan kompetensi inti KI-1, KI2, KI3, KI4. Salin keempat KI sesuai dengan jenjang kelas dari silabus
  • Kompetensi Dasar
    • Tulis masing-masing KD dari KI-3 dan KD pada KI-4
  • Indikator Pencapaian Kompetensi
    • berkaitan dengan indikator, tulis dua atau lebih indikator untuk masing-masing KD
    • indikator untuk KD dirumuskan menggunakan kata kerja operasional yang terukur 
contoh:
KD: 3.7
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
INDIKATOR:
3.7.1 Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda
3.7.2 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda

  • Kegiatan Pembelajaran (Pada kegiatan ini yang admin contohkan adalah kegiatan pembelajaran saintifik)
    • Kegiatan Pembelajaran pendahuluan:
      • ditulis dengan rumusan kegiatan guru
                              Contoh:
          • Salam dan tegur sapa
          • Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
          • Bertanya dan menjawab tentang nama beberapa orang, binatang, dan benda yang ada di sekitar kelas, sekolah dan rumah
          • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mendeskripsikan benda benda tersebut secara sederhana
          • Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
          • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
    • Kegiatan Pembelajaran Inti 
      • ditulis dalam rumusan spesifik kegiatan peserta didik
                        Contoh:
        • Mengamati
          • Membaca beberapa teks deskriptif tentang sekolah termasuk orang, binatang, dan benda yang ada yang disertai foto atau gambar yang menarik
          • Menanyakan isi/informasi terkait teks yang dibaca
        • Menanya
    Peserta didik diminta untuk merumuskan pertanyaan berdsarkan hasil pengamatannya terhadap tayangan video tersebut. Guru dapat memberikan bantuan berupa kata tanya, atau daftar informasi yang sudah dan belum diketahi
    Contoh : 
    Look at the list and put a tick on the information that you don’t know yet
    1. Topic of the text.           
    2. Purpose of the text        
    3. Meaning of all verbs       
    4. Meaning af all nouns       
    Questions:
    1. What is the topic of the text?
    2. .......
        • Menalar/mengasosiasi
          • Melengkapi tabel dengan sistematika teks deskripsi yang dibaca
        • Mengomunikasikan
          • Mempresentasikan hasil analisis dalam kelompok masing-masing
          • Mengomentari hasil presentasi temannya
        • Mencipta
          • Peserta didik menulis teks deskripsi yang mempromosikan objek wisata di  daerahnya dengan bantuan mind map.
    • Kegiatan Pembelajarn Penutup
    Kegiatan pembelajaran pada tahap penutup ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik yang dapat dilengkapi dengan kegiatan guru.
               Contoh:
    • Menanyakan manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
    • Menanyakan kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
    • Menyimpulkan hasil pembelajaran
    • Memberi tugas mencari satu benda/gambar benda, orang, binatang yang paling berkesan untuk dibawa pada pertemuan berikutnya.
    • Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
    •  Penilaian
      • Teknik Penilaian
        • Pengetahuan
          1. Tes tertulis
          2. Penugasan
          3. Portofolio
        •     Keterampilan Proyek    
    * Catatan: Teknik  penilaian dipilih  sesuai dengan tuntutan KD.
      • Instrument Penilaian
        • Pertemuan Pertama (terlampir)
        • Pertemuan Kedua (terlampir)
        • Pertemuan Ketiga (terlampir)
    •  Media/ Alat, Bahan, dan Sumber Belajar. 
    A. Media/ alat
    Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.). CONTOH  cara menuliskan:
    • Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
    • Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
    • Model: Nama model yang dimaksud
    • Gambar: Judul gambar yang dimaksud
    • Realia: Nama benda yang dimaksud
    B.Bahan
    Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.

    C. Sumber Belajar
    Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).

    contoh cara menuliskan:
    • Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
    • Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
    • Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
    D. Sumber Belajar
    contoh  cara menuliskan:
    • Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
    • Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
    • Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
    • Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
    • Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)
    Demikanlah informasi mengenai contoh Penyusunan RPP. Adapun bagi anda yang ingin unduh contoh RPP lengkap hasil dari Workshop kurikulum 2013, bisa diunduh pada tautan berikut ini:
     CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013 KELAS 7 TAHUN 2017