Sebenarnya cara ini hanya ingin memanfaatkan laman helpdsek pada Dapodikdasmen yang belum banyak digunakan oleh operator untuk melaporkan berbagai masalah yang terkait dengan troubleshoot aplikasi dapodik serta masalah yang berkaitan dengan validasi data GTK.
Saya melihat diluar sana banyak operator yang mencari solusi dari permaslahan tersebut diluar helpdesk dapodik yang sudah disediakan. Artinya bahwa mereka mungkin lebih percaya pada forum-forum grup dapodik yang lebih cepat responya meskipun terkadang masih sedikit membingungkan..
Bahkan yang saya lihat sebagian operator lebih memilih ke situs ini https://www.lapor.go.id untuk mencari solusi. Sangat menggelitik bagi saya karena dari beberapa respon yang saya lihat disana sangat jauh dari harapan. Saya tidak berusaha untuk menghakimi situs tersebut, sangat mungkin dan sah bagi Anda untuk datang kesana dengan berbagai macam laporan. Namun mereka hanya menyampaikan sebagai sambung tangan yang artinya kemungkinan besar masalah Anda tidak mendapat jawaban yang cepat.
Alih-alih sebagai bukti Anda bisa lihat screenshoot dibawah.
Nah, karenanya. Saya hanya memberi rujukan selain datang ke forum dapodik cobalah sesekali memanfaatkan fasilitas helpdesk.dikdasmen.kemdikbud..go.id untuk mencari solusi dari masalah Anda.
Bagaimana caranya?
Bagi Anda yang belum tahu bisa melalui tautan ini http://helpdesk.dikdasmen.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengaduan/pengaduan&layanan=5692570D-39F7-43FC-9F2C-6D87E02D51F3 untuk mengunjungi laman tersebut.
Selanjutnya Anda lengkapi data pengunjung dan data laporan pengaduan. Anda bisa menjelaskan secara rinci masalah Anda bahkan bila perlu tambahkan gambar untuk memperjelas Troubelshootnya. Lakukan submit untuk mengirim laporan pengaduan Anda. Sumber https://ibadjournals.blogspot.com/