IndoINT.com_ Kali ini admin akan bagikan contoh soal yang berkaitan dengan kisi-kisi ujian nasional tahun 2019. Tujuannya agar kalian dapat memahami dengan baik contoh soal menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks yang muncul dalam soal-soal ujian nasional.
Kalimat-kalimat dalam sebuah teks harus disusun secara urut agar menjadi teks yang padu. Untuk itu, kita harus menentukan kalimat yang merupakan gagasan utama dari beberapa kalimat yang disediakan. Kalimat yang merupakan gagasan utama menggunakan kata-kata yang bermakna umum. Setelah itu, barulah kalian mencari kata kunci dari setiap kalimat. Kata kunci tersebut digunakan dalam beberapa kalimat.
Teks yang baik memenuhi kriteria berikut.
a. Memiliki satu ide pokok atau satu pikiran utama dan beberapa pikiran penjelas.
b. Antarkalimat saling bertautan membentuk satu kesatuan sesuai dengan struktur teks.
www.IndoINT.com
(1) Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya.
(2) Meskipun dalam suatu pemerintahan terdapat peraturan tentang pelestarian lingkungan, masih banyak manusia yang belum menyadari bahwa pelestarian lingkungan merupakan kewajiban kita.
(3) Hal ini sangat penting karena generasi berikutnya akan ikut merasakan hidup di bumi.
(4) Kita tidak boleh memberikan beban lingkungan kepada anak cucu kita.
(5) Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita sendiri.
(6) Siapa pun wajib menjaga keindahan dan kenyamanannya.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks laporan yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(6)-(5)
B. (1)-(2)-(3)-(6)-(5)-(4)
C. (1)-(5)-(2)-(3)-(4)-(6)
D. (1)-(6)-(5)-(2)-(3)-(4)
2. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Meskipun sejak dulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa lidah buaya bisa menjadi komoditas yang menguntungkan.
(2) Mungkin sudah banyak beredar buku-buku tentang manfaat lidah buaya.
(3) Namun, minat baca masyarakat kita yang rendah sedikit menghambat laju informasi tersebut.
(4) Hal itu terjadi karena informasi tentang manfaat tanaman ini belum tersosialisasikan dengan maksimal.
(5) Padahal, para peneliti menemukan manfaat lebih dari tanaman serba guna ini.
(6) Berikut ini lima manfaat kesehatan dari lidah buaya, jus lidah buaya, dan gel lidah buaya.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi teks eksposisi yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)-(6)
D. (6)-(1)-(4)-(2)-(3)-(5)
3. Cermatilah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1) Film "Naga Bonar" merupakan film garapan sutradara M.T. Risyaf pada tahun 1987 dibintangi oleh Deddy Mizwar, Nurul Arifin, dan Afrizal Anoda.
(2) Sekuelnya juga sudah dibuat bertajuk "Naga Bonar (Jadi) 2" (2007) yang ternyata sukses ditonton oleh banyak orang.
(3) Ini berarti masyarakat kita butuh keragaman tema film.
(4) Film ini merupakan film komedi situasi yang mengambil latar peristiwa perang kemerdekaan Indonesia ketika sedang melawan kedatangan pasukan Kerajaan Belanda pasca kemerdekaan Indonesia di daerah Sumatera Utara.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks ulasan yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(5)-(2)-(3)-(4)
C. (1)-(5)-(3)-(4)-(2)
D. (5)-(2)-(3)-(4)-(1)
4. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Pada 17 Agustus 1945, tak lama setelah Jepang takluk kepada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang menculik Soekarno ke RengasDengklok, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
(2) Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.
(3) Pada masa itu Soekarno-Hatta pernah dibuang kembali ke Parapat dan Bangka.
(4) Mereka segera terlibat dalam perjuangan melawan pendudukan kembali oleh Belanda.
(5) Namun, ketika secara resmi Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada 1949, kedudukan Soekarno sebagai Presiden dipulihkan.
Urutan kalimat-kalimat tersebut menjadi teks biografi yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)
D. (1)-(4)-(3)-(2)-(5)
5. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Tali kur dipotong menjadi dua bagian. Tiap bagian dilipat dua sehingga semuanya ada empat utas tali.
(2) Buatlah simpul datar.
(3) Siapkan pensil yang cukup panjang. Buatlah simpul kepala dengan bantuan pensil tersebut.
(4) Lakukan sampai seluruh tali menjadi jalinan simpul. Buatlah variasi agar simpul tidak monoton. Jika perlu, gunakan tambahan aksesori lain.
(5) Ikat rambut siap digunakan.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks prosedur cara membuat ikat rambut yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)
D. (3)-(1)-(2)-(4)-(5)
6. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Untuk melanjutkan keperguruan tinggi, lulusan SMK lebih dibatasi ruang lingkupnya jika dibandingkan dengan lulusan SMA.
(2) Oleh karena itu, rata-rata siswa SMK kesulitan masuk ke perguruan tinggi.
(3) Adapun lulusan SMA bisa lebih bebas melanjutkan ke perguruan tinggi karena materi-materi yang diajarkan di SMA mencakup semuanya.
(4) Ketika di perguruan tinggi, siswa SMK tidak bisa mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan di SMK.
(5) Kalau pun bisa akan kesulitan karena di SMK hanya diajarkan materi-materi yang mendalam di jurusannya.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks tanggapan kritis yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(2)-(4)-(5)-(3)
C. (1)-(2)-(5)-(4)-(3)
D. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
7. Cermatilah kalimat-kalimat berikut ini dengan saksama
(1) Siang harinya sesuai rencana kami, aku pun menunggu teman-temanku di samping pintu gerbang sekolah.
(2) Sebelum ke rumah Imah, kami sempat mampir ke warung untuk membeli roti. Bahkan Afga sempat membeli es karena kehausan.
(3) "Ke mana ya mereka?" gumamku.
(4) Tiba-tiba mereka mengejutkanku dan berteriak, "Dor! kaget, ya?"
(5) "Apaan sih, kalian? mengagetkanku saja. Kalau aku jantungan gimana?" seruku.
(6) "Maaf, maaf, Di. Soalnya tadi kami mampir dulu ke ruang guru untuk mengumpulkan tugas dari Pak Marno," pinta Ana dan Afga.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks cerpen yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(3)-(4)-(5)-(6)-(2)
C. (1)-(3)-(4)-(6)-(5)-(2)
D. (6)-(1)-(2)-(3)-(4)-(5)
8. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Lalu terlintas di benak kuda itu untuk menakuti hewan-hewan hutan.
(2) Lalu dia menunggu hewan hutan yang akan melewatinya.
(3) Tidak lama kemudian beberapa domba gunung berjalan ke arah dirinya.
(4) Kuda itu bergegas mencari tempat untuk bersembunyi.
(5) Tempat itu harus terlihat gelap dan sering dilalui oleh beberapa hewan hutan.
(6) Akhirnya dia menemukann semak-semak yang cukup gelap untuk bersembunyi dan kuda itu pun masuk ke semak-semak dengan menggunakan kulit harimaunya.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi teks fabel yang baik adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(2)-(4)-(5)-(6)-(3)
C. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)-(6)
D. (1)-(4)-(5)-(6)-(2)-(3)
9. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kelompok kami memutuskan untuk mengamati green house sekolah.
(2) Tanaman-tanaman tersebut, antara lain sirih merah, serai, kemangi, jambu biji, dan sirsak.
(3) Pagi tadi, kami ditugaskan oleh guru bahasa Indonesia untuk melakukan pengamatan di lingkungan sekolah.
(4) Sungguh pembelajaran yang menyenangkan hari itu.
(5) Hasil identifikasi tersebut kami presentasikan di depan kelompok lain.
(6) Di green house, kami mengidentifikasi sejumlah tanaman yang bisa dijadikan obat.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi teks laporan yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(5)-(6)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(6)-(4)-(2)-(5)
C. (3)-(1)-(2)-(4)-(6)-(5)
D. (3)-(1)-(6)-(2)-(5)-(4)
10. Cermati petunjuk pembuatan cincau lidah buaya berikut!
(1) Siapkan irisan daging daun lidah buaya yang telah dicuci bersih secukupnya.
(2) Masukkan irisan daging daun lidah buaya dalam santan.
(3) Siapkan air santan kelapa diberi gula aren secukupnya dalam panci.
(4) Tuanglah hasil rebusan dalam mangkuk atau gelas.
(5) Rebuslah daging lidah buaya dan santan tersebut sampai mendidih.
(6) Cincau daging daun lidah buaya siap disajikan.
Urutan petunjuk pembuatan cincau lidah buaya agar menjadi teks prosedur yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)-(6)
C. (1)-(1)-(2)-(5)-(4)-(6)
D. (1)-(3)-(2)-(6)-(4)-(5)
11. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Wayang jemblung biasanya dipentaskan dalam acara hajat keluarga, seperti pesta perkawinan, khitan, atau acara tradisi, seperti sedekah bumi, dan lain-lain.
(2) Wayang jemblung dulu banyak dijumpai di wilayah Kedu, Jawa Tengah.
(3) Wayang Jemblung, baik ceritanya maupun anak wayangnya mirip dengan wayang kulit, tetapi semua iringan gamelan tidak dari peralatan karawitan yang ditabuh.
(4) Bebunyian irigan gamelan semua berasal dari mulut sang dalang.
Urutan yang tepat dari teks laporan observasi tersebut adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(2)-(4)
C. (2)-(1)-(3)-(4)
D. (2)-(3)-(1)-(4)
12. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kami sangat menikmati perjalanan kami karena disepanjang perjalanan dapat melihat pemandangan yang indah.
(2) Akhirnya tanpa terasa kami sampai di tempat tujuan, yaitu Dago Pakar.
(3) Tepat pukul 07.30 kami berkumpul di sekolah.
(4) Tempat wisata Dago Pakar merupakan kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan yang terletak di Kota Bandung.
(5) Kami pergi ke tempat tujuan dengan menggunakan bus sekolah.
Urutan laporan yang tepat adalah ....
A. (3)-(5)-(1)-(2)-(4)
B. (3)-(5)-(2)-(4)-(1)
C. (3)-(4)-(5)-(1)-(2)
D. (4)-(3)-(5)-(1)-(2)
13. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui
(2) Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak di depan lensa okuler.
(3) Tentukan panjang badan teleskop
(4) Letakkan lensa okuler di perlupnya
(5) Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi teks prosedur cara membuat teleskop sederhana yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(4)-(2)-(5)
C. (3)-(1)-(2)-(4)-(5)
D. (3)-(1)-(2)-(5)-(4)
14. Cermati petunjuk pembuatan energi alami dari kentang berikut!
(1) Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang dengan jarak beberapa mili/senti (jangan disatukan).
(2) Cermatilah nyala lampu yang terjadi! Jika nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik.
(3) Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu.
(4) Setelah langkah-langkah terlaksana, kini kamu memiliki salah satu energi alternatif.
(5) Jika lampu tidak menyala juga, silahkan tambah kentang tersebut agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar.
Urutan petunjuk pembuatan agar teks prosedur yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
C. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
D. (1)-(3)-(2)-(5)-(4)
15. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Taruh pakaian yang akan dicuci k e dalam mesin cuci.
(2) Isi air secukupnya untuk menenggelamkan seluruh pakaian.
(3) Setelah 10 menit, putar tombol ke arah drain.
(4) Beri deterjen lalu putar tombol on ke arah waktu 10 menit.
(5) Ulangi langkah ke-2 dan ke-3 sampai 3 kali agar pakaian bersih.
(6) Masukkan pakaian ke tabung pengeringan sebelah kanan putar ke angka 5
(7) Ambil dan jemur pakain yang telah dikeringkan.
Urutan kalimat cara mencuci pakaian yang benar adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)-(7)
B. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)-(7)
C. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)-(6)-(7)
D. (1)-(2)-(4)-(3)-(6)-(5)-(7)
16. Bacalah kalimat-kalimat acak tersebut!
(1) Pertunjukkan pembuka festival tersebut akan berakhir pada pukul 17.00 WIB
(2) Acara pembukaan Dieng Culture Festival 2016 dilaksanakan pada pukul 14.00 di panggung utama, sebelah timur kompleks candi Arjuna.
(3) Setelah pembukaan berlangsung, dipanggung utama ada pentas musik Kyai Kanjeng beserta Cak Nun dari Yogyakarta.
(4) Pengunjung yang berminat menikmati sunset, bisa naik skuter/scooter ke bukit yang dapat dapat ditempuh hanya adalam waktu 15 menit dari Desa Dieng Kulon.
(5) Setelah melihat sunset, pengunjung segera bersiap untuk menikmati pertunjukkan Jazzatasawan yang akan digelar di panggung utama, timur kompleks candi Arjuna.
Urutan tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi laporan padu adalah ....
A. (2)-(1)-(3)-(4)-(5)
B. (2)-(1)-(4)-(3)-(5)
C. (2)-(3)-(1)-(4)-(5)
D. (2)-(3)-(1)-(5)-(4)
17. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Sarapan sangat penting untuk mengisi energi Anda sebelum beraktivitas.
(2) Mereka memunyai banyak alasan, seperti tidak bisa makan berat pada pagi hari atau terburu-buru.
(3) Namun, sebagian besar orang tidak terbiasa melakukan sarapan.
(4) Anda menjadi kurang energi, lemas, dehidrasi, dan konsentrasi menurun
(5) Padahal, efek tidak sarapan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.
Urutan tepat agar kalimat-kalimat acak tersebut menjadi paragraf padu adalah ....
A. (1)-(3)-(2)-(5)-(4)
B. (1)-(4)-(2)-(5)-(3)
C. (1)-(1)-(2)-(4)-(3)
D. (1)-(5)-(3)-(4)-(2)
18. Bacalah kalimat-kalimat petunjuk berikut!
Petunjuk Membuat Minuman Teh Jahe
(1) Irislah jahe kecil-kecil sesuai selera
(2) Kupas kulit jahe, lalu memarkan jahe.
(3) Cuci jahe hingga bersih, lalu bakar jahe hingga keluar aromanya.
(4) Rebuslah air hingga mendidih, lalu masukkan jahe
(5) Siapkan gelas berisi teh dan gula, lalu seduh dengan rebusan jahe.
(6) Tunggu rebusan jahe hingga 3 sampai 5 menit.
(7) Aduk hingga gula larut, teh jahe siap disajikan.
Urutan tepat petunjuk membuat minuman teh jahe adalah ....
A. (3)-(1)-(2)-(4)-(6)-(5)-(7)
B. (3)-(2)-(1)-(4)-(6)-(5)-(7)
C. (3)-(2)-(1)-(5)-(4)-(6)-(7)
D. (3)-(4)-(2)-(1)-(5)-(6)-(7)
Sumber http://www.ilmubindo.com/