Sesuai permendiknas nomor 20 tahun 2007 tentang penilaian, bahwa yang disebut ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran, dan penentuan keberhasilan belajar peserta didik.
Pelaksanaan penilaian/ ulangan ada yang menjadi kewenangan pendidik, ada yang menjadi kewenangan pendidik dibawah koordinasi satuan pendidikan, dan ada penilaian yang dilakukan oleh pemerintah. Penilaian yang menjadi kewenangan pendidik adalah ulangan harian yaitu kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu KD atau lebih. Sedangkan penilaian yang dilakukan pendidik di bawah koordinasi satuan pendidikan adalah ulangan tengah semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK).
soal ukk fisika sma kurikulum 2013 |
UKK fisika sma kurikulum 2013 dilakukan untuk mengukur kompetensi siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan guru kepada peserta didik. Dari UKK fisika sma kurikulum 2013 inilah diharapkan guru bidang studi mendapatkan nilai terbaik dari para siswa. Akan terlihat nantinya, mana siswa yang unggul atau cerdas dan mana siswa yang lemah kompetensinya.
Sebelum pelaksanaan UKK fisika sma kurikulum 2013, pimpinan sekolah terlebih dahulu memberikan pengarahan kepada para guru yang bertugas mengawasi UKK fisika sma kurikulum 2013. Para guru diminta mengawasi siswa dengan cermat dan berupaya keras agar pelaksanaan UKK fisika sma kurikulum 2013 berjalan sesuai dengan tata tertib yang telah disusun oleh panitia.
Dalam pengarahan itu, pimpinan sekolah mengingatkan kepada kami para guru agar benar-benar bertugas mengawasi siswa dengan penuh perhatian dan mengingatkan para siswa agar tak terburu-buru dalam menjawab soal-soal, sebab waktu yang diberikan oleh panitia UKK fisika sma kurikulum 2013 cukup panjang (120 menit). Para siswa diharapkan memanfaatkan waktu panjang itu dengan sebaik-baiknya sehingga nilai UKK fisika sma kurikulum 2013 mereka tinggi. Bila nilai UKK fisika sma kurikulum 2013mereka tinggi, maka sudah bisa dipastikan mereka akan naik kelas. Dengan catatan, nilai harian dan sikap sehari-hari siswa sudah baik.
UKK adalah salah satu bentuk penilaian autentik yang hasilnya dapat dijadikan evaluasi bagi guru bidang studi yang bersangkutan. Artinya, bila nilai UKK fisika sma kurikulum 2013 peserta didiknya tinggi, maka guru tersebut telah berhasil mentransfer ilmunya dengan baik. Oleh karena itu, para guru bidang studi dituntut untuk membuat soal-soal yang sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai oleh siswa. Tidak asal membuat soal yang berakibat membingungkan siswa dalam menjawab soal. Kisi-kisi soal harus jelas dan terukur. Analisis butir soal harus benar-benar terukur juga dengan baik dan dapat membedakan mana soal yang sulit, sedang, dan mudah. Guru juga harus mampu memprediksi, berapa lama para siswa dapat mengerjakan soal-soal itu dengan baik.
UKK yang dilaksanakan dengan perencanaan yang matang, akan membuat UKK fisika sma kurikulum 2013 itu berkualitas, dan pada akhirnya akan mendapatkan nilai yang berkualitas pula. UKK pun dilaksanakan melalui proses pengamatan yang cemerlang, cermat, dan teliti. Panitia dan pengawas UKK harus saling bekerjasama agar pelaksanaan UKK fisika sma kurikulum 2013 berjalan dengan aman, tertib dan lancar.
Sumber http://downloadfileadministrasi.blogspot.com/