Bagian awal: halaman judul, halaman pengesahan, abstrak, kata pengantar (Tanggal Pembuatan), daftar isi, daftar lampiran
Bagian isi: ada lima bab.
Bagian penunjang: daftar pustaka, dan lampiran-lampiran
Bagian isi:
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
*)B. Identifikasi masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Hasil Penelitian
*) E. Cara pemecahan masalah
BAB II KAJIAN PUSTAKA
(sebagai pendukung dalam pemecahan masalah)
A. Kajian teori tentang masalah yang dipecahkan
B. Kajian teori dari tindakan yang akan dilakukan
C. Kerangka berpikir (menghubungkan A dengan B)
D. Hipotesis tindakan (bila perlu)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Setting Penelitian (obyek, waktu penelitian, sasaran perubahan)
B. Prosedur/ perencanaan penelitian
C. Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian
D. Metode analisis data
E. Langkah penelitian
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
A. Gambaran lokasi penelitian
B. Sajian data tiap siklus Pengolahan dan analisis data
C. Pembahasan hasil analisis dari semua siklus untuk semua aspek disatukan dalam satu tabel/grafik
BAB IV :
* MERUPAKAN PORSI PALING
BANYAK
* MILIK PENELITI SENDIRI
* EKSKLUSIF
* YANG DIBANGGAKAN PENELITI
· Kemukakan secara rinci apa tindakan yg dilakukan guru waktu menerapkan model atau metode baru dan hasil refleksi tiap siklus. Ceritakan dari pertemuan ke pertemuan berikutnya. Hasil perubahan dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, misalnya: kondisi kelas, kedisiplinan belajar, semangat belajar, catatan hasil belajar, minat mengikuti pelajaran, dan hasil belajar.
· Siklus ke 2 laporkan secara lengkap seperti pada laporan siklus pertama.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan penelitian
B. Saran
Lampiran
Semua rpp yang dilaksanakan
Semua instrumen yg digunakan
Contoh hasil kerja siswa dan guru
Copy daftar hadir siswa selama pelaksanaan tindakan
Foto kegiatan penjelas annya.
Ijin pelaksanaan
*) surat pernyataan telah diseminar kan dan lampirannya